PRAY FOR JAPAN (Jepang Mengalami Gempa & Tsunami Dengan 7.9-8.8 SM)

Bookmark and Share

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 8,8 terjadi di lepas pantai di Jepang timur laut, Jumat (11/3/2011). Gempa tersebut menguncang bangunan-bangunan di ibu kota Tokyo, menyebabkan "banyak orang terluka", serta setidaknya satu kebakaran dan memicu peringatan tsunami hingga ketinggian 10 meter. Demikian lapor televisi NHK dan saksi.

NHK memperlihatkan gambar asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo, dan kereta api cepat ke utara negara itu dihentikan. Gambar televisi menunjukkan mobil-mobil terayun-ayun di air di samping perahu.

Sebuah tsunami setinggi 50 cm menghantam pantai utara Jepang. "Bangunan ini berguncang untuk waktu yang terasa lama dan banyak orang di ruang berita meraih helm mereka dan beberapa masuk ke bawah meja," kata koresponden Reuters, Linda Sieg. "Mungkin ini gempa yang terburuk yang saya rasakan sejak saya datang ke Jepang lebih dari 20 tahun lalu. "






TOKYO: Menyusul gempa dan tsunami yang terjadi di wilayah utara Jepang prefektur Miyagi dan sekitarnya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) saat ini mempersiapkan evakuasi pengamanan bagi 414 WNI di Miyagi dan Iwate yang dianggap dua wilayah terparah di daerah gempa. Di seluruh Jepang, total Warga Negara Indonesia (WNI) berjumlah 25.546.

Hingga informasi ini disampaikan, belum diperoleh informasi adanya korban dari kalangan WNI. Malam ini pihak KBRI telah mempersiapkan langkah antara lain mendata WNI yang dikhawatirkan terjebak dalam wilayah yang terkena bencana, mengirim tim evakuasi ke daerah gempa, membuka hotline untuk masyarakat dan media, berkoordinasi dengan otoritas setempat, menyiapkan tempat untuk evakuasi di Balai Indonesia di Meguro Tokyo.

Bagi masyarakat Indonesia yang memerlukan atau memiliki informasi terkait kerabat yang terkena dampak gempa dapat menghubungi

(+81) 90-3132-4994 atau (+81) 90-8742 6346
Twitter: @KBRITokyo

Bagi masyarakat Indonesia di Jepang dapat meghubungi nomor darurat di : 171

Pusat gempa: Miyage Prefektur, 265 km dari Tokyo- Kekuatan gempa : 8.8 Skala Richter (Japan Meteorological Agency) dan terjadi tsunami di Sendai, ibukota Miyagi, setinggi (6-10 m)

Kondisi lokasi gempa

- Sendai: Bandara terendam air; runway terhantam tsunami
- Listrik dan kereta terhenti

- Tokyo
Bandara Narita ditutup sementara untuk pemeriksaan kerusakan; transportasi kereta terhenti; jaringan telepon terputus (layanan voice dan text terputus, data/internet bisa digunakan; provider NTT Docomo masih bisa tapi terganggu); jaringan listrik terganggu/mati

- Chiba : 1 orang meninggal
∙ Kebakaran besar di Chiba (oil refinery, milik Cosmo) dan Odaiba, untuk sementara aliran gas wilayah Chiba dihentikan



No.Penting !!
No.Tlp KBRI INDONESIA DI JEPANG
+819031324994

Konjen Osaka
+81662529827
Twitter: @KBRITokyo

Bagi masyarakat Indonesia di Jepang dapat meghubungi nomor darurat di : 171

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }