Daging Kobe Halal Mulai Dipasarkan

Bookmark and Share
Tidak hanya negara-negara di Eropa, kini Jepang pun mulai mengincar industri produk halal. Lewat sapi Kobe mereka yang terkenal di dunia, Jepang akhirnya memasarkan daging premium Kobe bersertifikat halal.

Berawal dari diresmikannya fasilitas produksi daging halal pertama di Jepang - Hanjo Shoku-Niku Center beberapa tahun lalu. Jepang kini giat-giatnya dalam memproduksi daging halal, hal tersebut tentunya tak lepas dari permintaan pasar. Fasilitas produksi daging halal ini pula yang menarik perhatian pasar Timur Tengah, sehingga permintaan daging halal Jepang semakin tinggi.

Soal daging, selama ini Jepang terkenal akan daging Sapi Kobe yang merupakan salah satu daging premium dan harganya yang mahal. Daging sapi Kobe berasal dari sapi yang diternakkan di Kobe dan mendapat perlakuan khusus. Mulai dari makanan, diberi minum sake, dan dipijat. Karena itu dagingnya empuk dan lemaknya juga tersebar merata.

Untuk mempopulerkan daging sapi berkualitas ini, para pengusaha daging Jepang mulai melirik pasar yang selama ini tidak bisa mereka layani atau mereka masuki. Di FoodEx - pameran tahunan berskala internasional yang menyajikan makanan dan minuman - yang berlangsung 1-4 Maret 2011. Salah satu perusahaan daging Zenkai Meat Corp. pun mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi daging Kobe halal untuk meningkatkan penjualan produk lokal.

Zenkai sebagai pemain baru dalam pasar halal tengah berkolaborasi dengan beberapa partner di Indonesia dan Malaysia - dimana keduanya merupakan negara yang penduduk muslimnya sangat besar. Sekedar info, di Jepang sendiri terdapat sekitar 115.000 - 125.000 muslim, dimana 90% diantaranya merupakan kelahiran luar negeri.

Sementara itu untuk memenuhi kebutuhan kaum muslim, Azhar Halal Foods telah memasok ayam halal ke Jepang dari tahun 1992, daging halal sejak 1994, dan mulai mengekspor daging wagyu halal ke Timur Tengah pada tahun 2007.

Jepang bukan satu-satunya negara di Asia yang mengincar pasar halal. Kini Singapore Tourism Board juga telah meluncurkan panduan bagi turis muslim beberapa tahun lalu, lengkap dengan list restoran halal dan berharap akan mendorong bertambahnya jumlah wisatawan terutama dari negara-negara Islam ke negara tersebut.

sumber : detikfood.com

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }