Pernyataan PPI Jepang atas kejadian menyontek masal di Gadel

Bookmark and Share
Pernyataan Sikap Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPI Jepang)
Perihal Kejadian Menyontek Massal di Gadel, Juni 2011

Berkaitan dengan kejadian menyontek massal di SDN 2 Gadel yang terungkap atas pengakuan Alifah, yang disusul dengan tekanan luar biasa ke(pada) Alifah, Ny Siami dan keluarga, kami mahasiswa Indonesia di Jepang merasakan kesedihan mendalam yang menggugah nurani.

Untuk itu, atas nama seluruh mahasiswa Indonesia di Jepang, PPI Jepang menyampaikan pernyataan sikap di bawah ini, meliputi dukungan ke(pada) Alifah dan Ny Siami, serta keprihatinan yang mendalam atas terkikisnya nilai-nilai kejujuran.

1. Menyontek adalah cikal bakal korupsi
Menyontek termasuk perbuatan mencuri meskipun terlihat kecil dan remeh. Dengan maraknya indikasi kecurangan Ujian Nasional di beberapa tempat lainnya, menunjukkan bahwa masalah ini adalah fenomena gunung es, yang jika dibiarkan akan berkembang lebih besar di masa depan. Hal ini juga bisa menjadi cikal-bakal korupsi, baik berupa korupsi waktu, korupsi uang, korupsi informasi, dan bentuk-bentuk korupsi lainnya.

2. Mengajak semua elemen bangsa untuk membangun karakter bangsa berpondasikan kejujuran.
Bangsa yang akan maju adalah bangsa yang mau belajar dan berusaha serta menjunjung tinggi kejujuran. Jepang, bangsa pembelajar yang berusaha keras dan berhasil bangkit sebagai negara maju di Asia, patut dijadikan contoh. Kejujuran, kemauan belajar, dan kerja keras adalah budaya mereka yang sudah sepatutnya kita teladani untuk Indonesia yang lebih baik di masa datang. Kejujuran pada dasarnya merupakan salah satu nilai yang dimiliki bangsa ini, hanya saja sangat disayangkan saat ini semakin terkikis. Oleh karena itu kita perlu mengembalikannya secara nyata dalam kehidupan bangsa ini. Tindakan nyata bisa dimulai dengan menghargai kejujuran sekecil apapun itu, dan kemauan untuk belajar dan bekerja keras termasuk dalam menghadapi Ujian Nasional.

3. Menganugerahkan Kejujuran Award bagi Alifah dan Ny Siami. Kejujuran Award adalah penghargaan dari PPI Jepang untuk insan Indonesia yang aksi kejujurannya menginspirasi bangsa.


Tokyo, 21 Juni 2011

Ketua Umum PPI Jepang
Fithra Faisal Hastiadi

fithra.faisal@ppijepang.org

Sumber: ppijepang.org

{ 1 comments... Views All / Post Comment! }

コミン said...

setuju bgt atas prnyataan diatas... "jujur" adalah sesuatu yg amat sangat jarang bisa ditemukan di indonesia. korupsi sudah mewabah sana-sini. kenapa saya bs katakn seperti itu,karna saya sndiri prnh mengalami dan melihat langsung bagaimana orang-orang melakukan sesuatu harus dengan "upah duit" !!!! tidak ada keikhlasan,serta disiplin dan rasa tanggung jawab yg tertanam dalam diri mereka. kalau terus kondisi indonesia seperti ini saya yakin indonesia tidak akan pernah maju!!!