Ternyata jepang membuat robot sejak abad ke 17

Bookmark and Share
Boneka Karakuri atau Karakuri ningyo adalah boneka bermesin yang berasal dari abad ke-17. Secara harafiah, karakuri berarti alat bermesin untuk menipu atau mengagetkan orang. Sedangkan ning adalah 'orang' dan yo adalah 'bentuk', 'figur' yang sering diartikan orang sebagai boneka. Jadi, karakuri ningyo berarti boneka yang bermesin sederhana.



Karakuri ningyo yang paling banyak ditemukan saat ini adalah zashiki karakuri, boneka rumahan. Zashiki karakuri bukan sekedar pajangan saja, ia juga mempunyai tugas, yaitu menyajikan teh. Emang bisa?







Ya, boneka ini akan mulai bergerak maju jika ada yang menaruh cangkir teh di nampan yang dibawanya. Zashiki karakuri akan 'berjalan' maju sesuai jarak yang sudah diatur. Ketika sudah sampai di depan tamu, Zashiki karakuri akan menundukkan kepalanya, memberikan teh tersebut kepada tamunya. Setelah sang tamu selesai minum, boneka ini mengangkat kepalanya, lalu membawa cangkir kosong itu kembali ke tempat asalnya.




Cara ini dilakukan pemilik rumah untuk menyajikan teh kepada tamunya (tapi bukan pada upacara minum teh yang formal lho!)
Robot sederhana ini, ternyata hanya digerakkan dengan pemutar (seperti mainan anak-anak yang diputar) yang terbuat dibuat dari tulang insang ikan paus!

Hmm, kalau di abad ke-17 saja Jepang bisa memuat yang seperti ini, nggak heran kalau mereka sekarang jago membuat robot.



Selain Zashiki karakuri, ada juga Butai Karakuri dan Dashi Karakuri. Butai karakuri dipakai di dalam pertunjukan teater. Dashi karakuri digunakan dalam upacara keagamaan.



Walaupun Zashiki karakuri berukuran kecil, ada juga karakuri ningyoKarakuri ningyo ini dibuat sangat mirip dengan manusia, biasanya berwujud wanita. Psst, masih ada penduduk Jepang yang percaya kalau boneka ini sering dirasuki roh dan dapat bergerak-gerak sendiri, yang berukuran besar bahkan sebesar manusia




{ 0 comments... Views All / Send Comment! }