Perbandingan Jepang & Indonesia dalam Berbagai Situasi

Bookmark and Share
Mau tau bedanya situasi & kondisi dalam berbagai situasi di Indonesia sama Jepang?

Ini dia sebagian dari hasil riset saya, alias hasil celingak-celinguk kiri-kanan, atas-bawah, depan-belakang pengamatan saya ngeliatin tingkah orang Jepang dan orang Indonesia. Emang sih apa yang saya tulis gak bisa menggambarkan kondisi di seluruh Jepang maupun kondisi di seluruh Indonesia. Karena memang saya belum pernah sampe keliling ke seluruh pelosok Jepang, apalagi keliling Indonesia yang luasnya segede gambreng! Tapi ya lumayanlah buat bahan perenungan.

# KETIKA DI KENDARAAN UMUM #
Japan: orang2 pada baca buku atau tidur.
Indo: orang2 pada ngobrol, ngegosip, ketawa-ketiwi cekikikan, ngelamun, dan tidur.

# KETIKA MAKAN DI KENDARAAN UMUM #
Japan: sampah sisa makanan disimpan ke dalam saku celana atau dimasukkan ke dalam tas, kemudian baru dibuang setelah nemu tong sampah.
Indo: dengan wajah tanpa dosa, sampah sisa makanan dibuang gitu aja di kolong bangku/dilempar ke luar jendela.

# KETIKA DI KELAS #
Japan: yang kosong adalah bangku kuliah paling belakang.
Indo: yang kosong adalah bangku kuliah paling depan.

# KETIKA DOSEN MEMBERIKAN KULIAH #
Japan: semua mahasiswa sunyi senyap mendengarkan dengan serius.
Indo: tengok ke kiri, ada yg ngobrol. tengok ke kanan, ada yg baca komik. tengok ke belakang, pada tidur. cuman barisan depan aja yg anteng dengerin, itu pun karena duduk pas di depan hidung dosen!

# KETIKA DIBERI TUGAS OLEH DOSEN #
Japan: hari itu juga, siang/malemnya langsung nyerbu perpustakaan atau browsing internet buat cari data.
Indo: kalau masih ada hari esok, ngapain dikerjain hari ini!

# KETIKA DI MASJID HENDAK SHALAT JUMAT #
Japan: jamaah berebut duduk di shaf terdepan.
Indo: jamaah berebut nyari tempat PW (Posisi Wuenak) di deket tembok paling belakang biar bisa nyender/di bawah kipas angin biar gak kepanasan & tidurnya nyenyak.

# KETIKA TERLAMBAT MASUK KELAS #
Japan: memohon maaf sambil membungkukkan badan 90 derajat, dan menunjukkan ekspresi malu + menyesal gak akan mengulangi lagi.
Indo: slonong boy & slonong girl masuk gitu aja tanpa bilang permisi ke dosen sama sekali.

# KETIKA NONTON KONSER BAND #
Japan: walau konser band rock cadas sekalipun kayak Dai atau X-Japan, penontonnya tetap tertib & gak anarkis.
Indo: jangankan band rock, konser sekelas band Peter Pan yg lagunya cengeng aja sampe makan korban jiwa!

# KETIKA DI JALAN RAYA #
Japan: mobil sangat jarang (kecuali di kota besar). padahal jepang kan negara produsen mobil terbesar di dunia, mobilnya pada ke mana ya?
Indo: jalanan macet, sampe2 saya susah nyebrang & sering keserempet motor yg jalannya ugal-ugalan.

# KETIKA JAM KANTOR #
Japan: jalanan sepiiiii banget, kayak kota mati.
Indo: PNS pake seragam coklat2 pada keluyuran di mall-mall.

# KETIKA BUANG SAMPAH #
Japan: sampah dibuang sesuai jenisnya. sampah organik dibuang di tempat sampah khusus organik, sampah anorganik dibuang di tempat sampah anorganik.
Indo: mau organik kek, anorganik kek, bangke binatang kek, semuanya tumplek jadi 1 dalam kantong kresek.

# KETIKA BARANG ELEKTRONIK RUSAK #
Japan: langsung dibuang ke tempat sampah atau didaur ulang.
Indo: diservis! sayang kan beli mahal2, mana kreditnya belum lunas lagi!

# KETIKA BERANGKAT KE KAMPUS/SEKOLAH #
Japan: berangkat ke sekolah/kampus naik kereta/bus kota.
Indo: berangkat ke sekolah pake mobil babeh atau yg dibeliin pake duit babeh! tetep aja babeh2 juga...!

# KETIKA BERANGKAT KE KANTOR #
Japan: berangkat naik kereta/bus kota. mobil cuma dipake saat acara keluarga atau yg bersifat mendesak aja.
Indo: gengsi dooonk... masa' naik angkot?!

# KETIKA JANJIAN BERTEMU #
Japan: ting...tong...semuanya datang tepat pada jam yg disepakati.
Indo: salah 1 pihak pasti ada dibiarkan sampai berjamur & berkerak gara2 kelamaan nunggu!

# KETIKA BERJALAN DI PAGI HARI #
Japan: orang2 pada jalan super cepat kayak dikejar doggy, karena khawatir telat ke kantor/sekolah.
Indo: nyantai aja cing...! si boss juga paling datengnya telat!



CATATAN:
bukan bermaksud menjelek-jelekkan bangsa sendiri. saya pun sadar bahwa saya seorang Indonesia. tapi ini hanya sebagai bahan perenungan kita sebagai bangsa yang tentunya tidak mau terus terpuruk. Maju atau mundurnya suatu bangsa itu bukan dikarenakan sumber daya alam atau kecerdasan bangsanya semata, tapi lebih disebabkan oleh ATTITUDEalias sikapnya! bagaimana mau jadi juara kalau bersikap seperti pecundang? bagaimana mau jadi kaya kalau bersikap seperti orang miskin? di balik cerita ini semua, tentunya sangat banyak hal positif bangsa indonesia jika dibandingkan dengan jepang. tapi untuk apa membesar2kan semua itu jika hanya membuat kita besar kepala! terus-menerus dinina bobokan oleh ungkapan bahwa kita ini bangsa besar yg kaya sumber daya alamnya, tapi buktinya? jelas sekali bangsa ini ada masalah besar dalam hal ATTITUDE.

makanya... ayo donk berubah!!! siapa lagi yang akan melakukan perubahan itu jika bukan dimulai oleh kita sendiri?! kapan lagi melakukan perubahan itu jika tidak dimulai sekarang juga?!

{ 20 comments... Views All / Send Comment! }

Nurhamida said...

Trims ya artikelnya. Baru buka karena sedang perlu informasi peran ibu di Jepang. Wah...bila baca artikel ini, bagaimana caranya mengejar mereka? Mengubah mindset itu bukan urusan gampang...tapi, meski begitu, optimis harus tetap dibangun. Think globally act locally. Mungkin yang saya lakukan nggak bisa beri pengaruh langsung ke perubahan generasi. Tapi setidaknya ada beberapa dari anak-anak generasi itu yang pernah tercerahkan bersama saya... Trims sekali lagi tulisannya, menggugah hati.

Lina Disini said...

bagus banget artikelnya.....semangat menulis...

Riri said...

wah perbaedaannya kontras banget y..,artikel yang nice..,

nice artikel..,

gambatte!!!

Anonymous said...

hahaha...

complicated techno said...

wah nice info nih.....ternyata ga cuma bayangan gw aje perbedaan antara jepang & indonesia dlm hal disiplin...tp udah ada yg dapet dari sumbernya langsung....wlawpun ga semua terungkap...thanx gan...

Anonymous said...

nice artikel gan . . .

Anonymous said...

malu,
pengen rubah kewarganegaraan gan

balqysh nugraha kizie said...

haha! lucu bgt ni artikel na..
smpe bangke binatang pun ikut masuk jg.. tp wlupun lucu2 gni brmanfaat jg.. ^_^

balqysh nugraha kizie said...

haha! lucu bgt ini artikel na.. smpe bangke binatang pun masuk jg..
tp wlupun lucu2 gni brmanfaat jg.. ^_^

Anonymous said...

ga segitunya kok, di jepang juga banyak cewek jepang yang dandan doang tapi ternyata wawasannya ga seluas wawasan orang Indonesia. bahkan ketika saya ngobrol sama anak2 kecil di jepang, pas mereka tau saya orang Indonesia, mereka bilang "disini orang Indonesia pintar2 ya" saya juga ga tau kenapa dia bisa ngomong kaya gt, tapi yang jelas banyak orang Indonesia yang sukses di Jepang dan diakui oleh orang Jepang.tetaplah mendukung bangsa sendiri, hidup Indonesia!

Anonymous said...

wah mantap bro artikelnya. btw klo pgen kerja d sana, kira2 yg paling bnyk d butuhkan apa ya ? pngn nih bs berada d negeri sakura. he3. thx. yudha

wahyu said...

gk juga kok cuy, u klo mo nunjukin kekontrasan orang sini ma sono kenapa u gk masukin kekontrasan pajabat sini ma sono, klo itu aja yang ente tunjukin beberapa kekontrasan yang agan tulis gk perlu ditulis kok.

Best on me said...

apakah benar di artikel ini sama dengan kejadian disana?

ada beberapa hal yang belum diungkap.

Pajak mahal dan tidak ada subsidi BBM.

juga gak ada raskin maupun KOM(Kartu Orang Miskin)

Anonymous said...

percaya tidak percaya....
mau tidak mau....
kita memang harus menyadari habbit orang indonesia yang banyak "enggak banget"-nya, dari pejabat sampai orang2 jalanan....
daaannnn....
public figurnya indonesia juga kasih contohnya habbit yang "enggak banget".....
kapan ya habbit orang indonesia bisa lebih positif ???????

wawang said...

saya setuju dengsn isi dari artikel ini ksrena saya pernah tinggal di jepang dan seringkali mengamati perilaku mereka. Orang2x jepang bukanlah orang yg mengenal agama secara benar, mereka tidak mengenal dosa atau tidak dosa, tapi mereka tau dan mengerti kalau perbuatan yg merugikan orang (terlambat, buang sampah sembarangan, mencuri, korupsi dll ) itu adalah perbuatan tidak baik.

sHi n0 Fu5h1 said...

suka.
:)

Anonymous said...

kalau begitu...mulailah berubah dari diri sendiri. Contoh yang baik-baik dari negara lain buat bikin maju negara sendiri. Tapi ada juga kok orang males di Jepang. Coba deh nonton Gokusen. Di situ diceritain tentang siswa2 SMA yang males dan kerjaannya bikin onar melulu. Hehe.. Buat info aja supaya gak overestimate terhadap suatu negara.

Contoh Askep said...

wah kaku tok nak dibandingke wong indonesia

satorizu said...

nice info,sdikit catatan bahwa g semua orang indonesia tu seperti itu n g semua orang jepang seperti itu...

yang perlu kita garis bawahi yaitu kita perlu evaluasi diri n mulai merubah attitude kita menjadi lebih baik n berguna buat masyarakat disekitar kita...

thanks infonya...

Dimas AM said...

Betapa mirisnya sikap kita sebagai warga Indonesia. Perbedaan antara Jepang dan Indo sangat kontras sekali...
Pejabat hanya memikirkan duit dibanding rakyat...
rasanya malu melihat rakyat yang sikapnya yang tidak disiplin